Thursday, May 18, 2006

Grunnlovsdag 17 Mai

Hari ini, Norwegia merayakan hari jadi-nya yang jatuh pada tanggal 17 Mei setiap tahunnya. Di kalender yang aku peroleh dari minimarket Rimi, tertulis "Grunnlovsdag" sebagai nama yang ditulis untuk merayakan hari tersebut, yang berarti Undang-Undang Dasar atau Constitution. Dan hari ini adalah hari libur nasional, di mana seluruh warga mulai dari anak-anak hingga warga imigran turut serta turun ke jalan berparade membawa bendera Norwegia dan bersuka-cita. Pada perayaan tahun ini, aku tidak turut merayakan karena alasan keengganan ditambah hawa dingin yang disertai hujan semenjak pagi. Namun, aku tetap menyaksikan keriuhan perayaan tersebut melalui televisi.



Tahun lalu, aku ikut merayakannya dengan berkumpul di tugu tempat di mana konstitusi Norwegia pertama kali dirumuskan oleh Christian Magnus Falsen (1782-1830). Oh ya, tugu tersebut berada tepat di belakang Tårnbygningen atau dikenal dengan nama Tower Building di kampus UMB. Jadi, dengan sedikit bangga aku mengatakan bahwa para "founding father"-nya Norwegia dahulu berkumpul di Ås dan merumuskan cikal bakal konstitusi Norwegia seperti sekarang ini.

Jadi, Gratulerer grunnlovsdagen og god 17 mai...

No comments: