Friday, August 05, 2011

tentang Lion: Dictionary yang semakin 'hebat'



Baiklah, saya akui bahwa saya sedang bersemangat dengan Lion. Meskipun saya tidak selalu menemukan apa yang saya senangi di dalam semangat tersebut.

Sebelumnya, saya sudah bercerita tentang apa saja yang menyenangkan, yang menyebalkan, dan yang 'bagaimana ya?' tentang Lion. Kali ini, saya baru saja menemukan lagi beberapa hal tentang Lion terutama dari salah satu software Apple favorit saya yaitu Dictionary.

Dictionary merupakan software 'bawaan' dari setiap komputer keluaran Apple. Bagi saya, software ini merupakan fitur yang paling berguna selain aplikasi-aplikasi lain yang juga disediakan Apple karena kegiatan saya sebagai pelajar banyak terkait dengan bahasa Inggris. Sebenarnya tidak hanya terkait bahasa, Dictionary juga bisa dikaitkan secara otomatis dengan website referensi lain khususnya Wikipedia. Jadi, jika saya ingin mengetahui tentang suatu kosakata atau istilah, saya tidak hanya akan mendapatkan arti gramatikalnya melainkan juga berbagai informasi mengenai sejarah, penggunaan, atau informasi terkait lainnya.

Selain fungsi dasar yang sangat informatif, Dictionary di Apple juga sangat mudah diakses. Kita bisa membaca arti suatu kata tanpa harus membuka software tersebut di desktop. Setidaknya ada dua cara yang saya ketahui untuk mengakses Dictionary dengan cepat: pertama, ketik kata yang ingin ditemukan di Spotlight lalu arahkan panah mouse ke kata yang muncul di drop down view maka akan muncul arti katanya. Kedua, sorot kata yang ingin diketahui lalu klik kanan dan pilih "Look Up". Singkat kata, saya tidak perlu membuka-buka kamus besar dan mencari suatu kata secara perlahan karena Dictionary sudah membantu dengan cepat dan akurat.

Di Lion, software ini mendapatkan polesan baru yang menurut saya membuat Dictionary menjadi lebih 'hebat' lagi. Jika sebelum Lion hanya disediakan Wikipedia selain Thesaurus, kini Dictionary juga memberikan British Dictionary dan British Thesaurus. Kedua tambahan kamus ini memberikan semakin banyak referensi tentunya.

Selain itu, Dictionary juga semakin 'baik hati' dan lebih informatif lagi dalam hal konten dan cara mengaksesnya. Saya sudah sampaikan bahwa kita bisa mencari dan menemukan kata yang ingin inginkan lewat Spotlight. Di Lion, pencarian lewat Spotlight akan memberikan informasi yang jauh lebih detil dan lebih banyak lagi dibandingkan sebelumnya. Jika sebelumnya hanya arti kata saja yang muncul, kini semua hal termasuk pelafalan dan contoh penggunaannya akan disediakan lewat Spotlight. Selain itu, tampilan hasil temuan pencarian kata yang kita lakukan di Spotlight juga akan sama persis jika dilakukan dengan cara kedua plus cara cepatnya. Yang saya lakukan adalah sorot kata yang ingin kita temukan artinya kemudian double tap dengan tiga jari. Itu saja!

Untuk seorang pelajar yang bahasa Inggrisnya masih pas-pasan, kamus seperti yang diberikan oleh Dictionary ini benar-benar sangat mumpuni. Saya sangat terbantu dan belajar banyak dari software ini. Dan saya bersyukur bahwa Apple menyediakan aplikasi ini sebagai program standar di setiap komputer Mac (alias gratis). Terima kasih Apple!

No comments: