Thursday, August 04, 2011

tentang Lion: yang 'sudah seharusnya', tapi...

Sebelumnya, saya sudah membuat daftar sementara dari apa saja yang 'menyenangkan' dan yang 'menyebalkan' tentang upgrade Sistem Operasi terbaru dari Apple yang disebut Lion.

Selain dua kesan tersebut, saya juga menemukan kesan lain tentang Lion yang jika dipikir mungkin ini 'sudah seharusnya' dilakukan Apple sebelumnya tapi... saya sendiri tidak bisa menjelaskan bagaimana dan kenapa kesan ini muncul. Berikut ini adalah fitur-fitur tersebut:

1. Tampilan baru di Address Book dan Mail
Salah satu yang dibanggakan oleh Apple dari OS Lion adalah tampilan baru di aplikasi Address Book dan Mail. Di Address Book, saya melihat tampilan yang mirip seperti buku yang konon diinspirasi oleh tampilan Address Book di iPad. Memang terlihat lebih 'menarik' dan ada kesan seolah menjadi lebih realistis (karena terlihat seperti buku?), tapi saya merasa tata cara mengisi Address Book ini tidak ada perubahan. Kesan ketidakpraktisan masih ada dan saya berharap banyak sebenarnya bahwa ini bisa dibuat lebih baik. Tapi, entah bagaimana.

Di Mail, selain dukungan fitur Full Screen, yang menjadi faktor "luar biasa" adalah pengelolaan history email dimana kita bisa melihat detil 'percakapan' di email-email yang kita kirim dan terima lengkap dengan informasi nomor urut email, indikator reply dan sent serta foto si pengirim (jika tersimpan di Address Book). Selain itu, Mail juga mampu membuat tampilan email-email tersebut secara sederhana dan efektif tanpa perlu menghadirkan garis-garis vertikal yang biasanya kita lihat dibagian bawah email ketika menerima reply. Tapi, faktor tersebut menjadi sedikit hambar ketika saya tidak menemukan ada fitur yang bisa mengubah latar belakang Mail agar sedikit lebih berwarna, misalnya. Atau animasi-animasi yang bisa diaktifkan jika kita menerima atau mengirim email. Atau, entahlah, Mail ini jadi terkesan membosankan setelah menggunakannya beberapa kali.

2. Sinkronisasi dengan Yahoo! dan Google
Lion sekarang memberikan kemudahan jika ingin terhubung secara otomatis dengan Yahoo! dan Google. Di Address Book, Lion memberi fasilitas untuk melakukan sinkronisasi Address Book, Calendar dan Note dari email-email POP yang kita gunakan. Ini fitur yang 'sudah seharusnya' disediakan tapi entah kenapa baru sekarang.

Kemudian di Mail, kita bisa melakukan sinkronisasi email-email POP dari Yahoo! Mail, GMail, dan Hotmail. Caranya sangat mudah. Kembali, fitur ini sudah seharusnya ada tapi tampaknya kurang dibuat lebih menarik atau terkesan hanya ingin membuat ada tanpa memberi nilai tambah.

Selain itu, Yahoo! Messenger dan Google Chat juga bisa secara otomatis terhubung dengan iChat. Kini kita bisa menggunakan iChat untuk melakukan 'percakapan' dengan penyedia lain. Tapi, iChat sendiri tidak mendapat polesan yang bisa membuat kita beralih ke iChat. Saya belum mencoba terlalu jauh, tapi sepintas saya tidak melihat sesuatu yang 'luar biasa' di iChat. Klaim sepihak saya, fitur ini agak terlambat disediakan Apple.

3. Scroll yang 'ajaib'
Lion juga menampilkan fungsi scroll yang agak nyeleneh. Fitur yang saya pikir 'sudah seharusnya' ada adalah scroll bar yang hilang dengan sendirinya ketika tidak digunakan. Ini penting dan berguna agar tampilan layar penuh - Full Screen - jadi lebih efektif. Tapi, fitur ini menjadi agak terganggu ketika Lion juga mengadopsi gaya scroll di iPad dan iPhone yang memiliki logika terbalik dengan logika scroll di komputer-komputer pada umumnya.

Pada awalnya, saya tidak merasa ada masalah dengan perubahan logika tersebut. Ketika sudah terbiasa, kesan 'ajaib' dan terbalik sudah tidak muncul di benak saya. Tapi, saat saya harus menggunakan komputer lain yang tidak menggunakan OS Lion, saya harus mengembalikan logika tersebut ke logika scroll yang masih 'umum' digunakan. Di sini gangguan muncul karena saya harus mengubah logika scroll. Perasaan yang sama muncul ketika kita harus berganti posisi mengemudi dari kanan ke kiri (atau sebalilknya), penyesuaian selalu harus dilakukan. Memang ada pilihan untuk menon-aktifkan fitur ini, tapi mengapa harus ada pilihan tersebut?


No comments: