Monday, February 28, 2011

Ahimsa... betapa tak gampang

Dari Catatan Pinggir (Caping) oleh Goenawan Mohamad yang berjudul Ahimsa:

"Sebab tak semua perlawanan nonkekerasan berakhir bahagia. Apalagi jika yang disebut "berhasil" bukanlah hanya makzulnya seorang penguasa, tapi hadirnya sebuah kekuasaan lain berdasarkan ahimsa. Prinsip ini memang berakar dari kata "tak melakukan tindakan yang mencederai". Tapi ia juga bagian dari sikap yang menampik untuk membenci apa pun, berdusta, dan mengutarakan kata-kata bengis.


Betapa tak gampang... "

Memang tak gampang ketika kita ingin memilih jalan yang 'ideal'. Setidaknya sebagai sebuah cara pandang dan atau cara hidup, ahimsa telah membuktikan bahwa kekerasan bisa dihindari (bukan dihapuskan) jika memang manusia menginginkannya.


Sayangnya, manusia sering kali lebih mampu untuk mendustai dirinya sendiri. Ia mengklaim dirinya pembawa kedamaian tapi membuktikan klaim tersebut dengan melakukan pembunuhan terhadap sesamanya. Yang lebih ironis, dusta dan klaim tersebut digunakan dengan dalih membela Tuhan. Dan inilah sebabnya ahimsa tak akan pernah menjadi cara yang gampang untuk dilakukan dan tak akan pernah menjadi cara yang gampang untuk berhasil. Karena manusia banyak tidak menginginkannya...

No comments: