Thursday, July 19, 2007

Sepak Bola Indonesia: Bravo!!

* Foto: Website PSSI


Aku bukanlah seorang pecinta sepak bola sejati. Karena itu, aku tidaklah tahu secara mendetail tentang dunia persepakbolaan di jagat raya ini. Namun kali ini, aku benar-benar peduli dengan sepak bola, terutama sepak bola Indonesia. Mengapa demikian?

Kemarin, Tim Nasional Sepak Bola Indonesia telah melaksanakan pertandingannya - yang sayangnya - menjadi pertandingan terakhir di ajang Piala Asia 2007 atau 2007 AFC Asian Cup. Membaca berita-berita suratkabar dan media massa lain hari ini, maka jelas sekali kekecewaan bangsa Indonesia karena kekalahan tim nasional Indonesia atas Korea Selatan kemarin. Namun, di sisi lain, terlihat juga sebuah optimisme yang cukup langka belakangan ini di Indonesia. Optimisme tersebut adalah bahwa sesungguhnya kita bisa bangkit dari keterpurukan. Tim Nasional Sepak Bola Indonesia adalah sebuah figur baru yang menunjukkan semangat tersebut.

Meskipun hanya melakukan persiapan selama 2 bulan untuk menghadapi Piala Asia 2007, prestasi dan permainan yang disajikan oleh para pemain Indonesia bisa dibilang luar biasa. Di tengah keterpurukan prestasi olahraga yang Indonesia alami di hampir semua cabang, sepakbola seakan memberi celah bercahaya terang bahwa kerja keras dan semangat untuk memperbaiki diri pasti akan membuahkan hasil yang gemilang. Dengan segala keterbatasan skill, pengalaman, serta stamina dibandingkan lawan-lawannya, tim sepakbola Indonesia menunjukkan bahwa mereka telah menemukan semangat Indonesia-nya.

Kita semua sepakat, sepakbola Indonesia telah bangkit. Jika kita boleh bercermin pada pengalaman ini, maka bolehlah pula kita secara nasional di berbagai sektor mulai dari sosial, ekonomi, budaya untuk bangkit dan menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang bermartabat, mampu menjadi bangsa yang berhasil di berbagai bidang. Menurutku, tidaklah berlebihan jika tim sepakbola Indonesia kali ini kita jadikan ikon semangat Indonesia. Jadi, terima kasih untuk tim sepak bola Indonesia atas pelajaran yang telah kalian tunjukkan kepada kami. Sepak Bola Indonesia: Bravo!!

No comments: