Friday, March 24, 2017

Happy postgrad for Reksa!

Menjadi pengajar/dosen memberikan kebahagiaan sederhana dengan siklus tanpa henti. Kebahagiaan pertama adalah saat kuliah, mahasiswa menikmati dan membicarakan materi kuliah dengan gembira. Kebahagiaan berikutnya adalah saat mereka akhirnya lulus mata kuliah tersebut. 
Kemudian, di kesempatan berikutnya kita bertemu lagi membahas materi yang sama namun lebih aplikatif lalu melanjutkannya menjadi topik skripsi. Di sini kebahagiaan terbesar adalah saat kita belajar bersama. Kebahagiaan ini bertambah ketika mereka lolos dalam konferensi internasional dan mempresentasikan materi skripsi tersebut. Puncak kebahagiaan dalam siklus perkuliahan adalah ketika si mahasiswa akhirnya berhasil mempertahankan skripsinya dan meraih gelar sarjana.
Setelah si mahasiswa mengisi pasar kerja, kebahagiaan saya belum berakhir ketika akhirnya kita bisa bekerja sama sebagai kolega. Posisi kita sekarang setara dan lebih dinamis. Banyak pengetahuan baru yang bisa dikejar bersama. Kebahagiaan ini masih berlanjut saat mendengar si mahasiswa akhirnya berhasil mendapatkan beasiswa yang diinginkannya untuk melanjutkan kuliah ke kampus yang bonafide. 
Proficiat untuk Rachmat Reksa! Selamat datang di dunia 'postgrad'. Pergilah mencari mahaguru lain yang lebih mumpuni. Temukan dunia yang lebih luas. Saya bangga pernah kuliah, belajar dan bekerja bersamamu. Tetaplah semangat belajar dan menikmati Hawai'i. Be humble and reach the stars, mate! Aloha Hawai'i 

Copyright © Dewa Wisana. All rights reserved

No comments: